Tambal Jalan Berlubang, PU Bina Marga Sidoarjo Pakai Dana Swakelola

Posted at 2016-03-21 22:03:25



Penuhi desakan masyarakat soal banyaknya jalan yang rusak, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Sidoarjo terpaksa menggunakan dana swakelola senilai Rp 4 miliar untuk memperbaikinya. Kendati jalan yang ada, anggarannya sudah dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Sigit Setyawan mengatakan banyak keluhan dari masyarakat terkait jalan berlubang dan minta segera diperbaiki. Karena itulah, pihaknya menurunkan tim perbaikan jalan swakelola untuk segera memperbaiki.

Seperti di kawasan Porong sampai Prambon, ada beberapa titik yang lubangnya cukup parah dan harus segera diperbaiki. "Kita terjunkan tiga tim untuk memperbaiki jalan yang berlubang agar tidak ada korban dan semakin parah," katanya Selasa (15/3/2016).

Sebenarnya, lanjutnya, di ruas jalan  Krembung-Prambon tahun ini ada peningkatan jalan dan dianggarkan Rp 8 miliar. Ruas jalan Porong-Krembung juga dialokasikan anggaran peningkatan jalan Rp 10 miliar. Namun, jika menunggu anggaran itu membutuhkan waktu cukup lama dan karena saat ini masih dalam proses lelang. 

"Jalan-jalan yang berlubang ditambal dengan aspal oleh tim penanganan jalan swakelola yang berjumlah 50 personil. Saat ini mereka disebar disejumlah jalan yang berlubang, termasuk di kawasan Sukodono-Kletek Kec. Taman," papar Sigit.

Meski sudah diperbaiki, jalan ruas Porong-Krembung-Prambon akan lebih cepat rusak. Hal ini disebabkan karena sepanjang jalan itu tidak ada drainase. Selain itu, jalan kabupaten antar kecamatan itu juga menjadi salah satu tumpuan kendaraan overtonase. 

Banyak kendaraan berat yang melintas di jalan yang sebenarnya bukan kelasnya untuk kendaraan bertonase diatas 8 ton itu. Sedangkan di jalan perbatasan Prambon dan Mojosari, Mojokerto, setiap hari banyak lalu lalang truk besar yang megangkut kertas ke pabrik kertas Pakerin. Jalan sisi utara Pakerin itu sebenarnya beberapa waktu lalu sudah diperbaiki, namun lebih cepat rusak karena banyak truk parkir di ruas jalan itu.

Pantauan di lapangan, sepanjang ruas jalan mulai Kecamatan Porong-Kecamatan Krembung dan Kecamatan Prambon banyak yang berlubang. Terparah terlihat di kawasan Bulang dan Gedangrowo, Kecamatan Prambon. Demikian pula di kawasan Kesambi, Kecamatan Porong, serta wilayah Krembung.

Komentar Untuk "Tambal Jalan Berlubang, PU Bina Marga Sidoarjo Pakai Dana Swakelola"

Email Anda:

Komentar: